Senin, 05 Februari 2018

Bisa Dicoba! 15 Cara Mengatasi agar Tidak Kecanduan Merokok

Cara mengatasi agar benar-benar berhenti merokok kadang sulit dan menjadi pantangan tersendiri untuk orang-orang yang menjadi pecandu rokok.

Tentu, sebagian besar para perokok aktif yang sudah lama merokok yang ingin sadar dan mencoba untuk mengubah pola hidup mereka. Implementasi bahaya merokok yang kurang merata menjadi sebab mengapa perokok masih memiliki kecenderungan.

Bisa diatasi dengan melakukan gebrakan secara serentak dan iklan yang berjenjang, sehingga bisa menyadarkan para perokok untuk menghindari rokok karena memang mampu membahayakan kesehatan tubuh.

Jika sudah kecanduan dengan rokok, tentu akan sangat sulit untuk mencoba tak lagi merokok dan butuh kesadaran yang super tinggi untuk niat berhenti merokok.

Cara Mengatasi agar Tidak Kecanduan Merokok

Cara Mengatasi agar Tidak Kecanduan Merokok

1. Kuatkan Niat dan Tekad

Hal yang paling pertama bisa dilakukan ialah dengan memantapkan diri niat dan tekad. Mengawali segala sesuatu harus didukung dengan niat dan tekad yang kuat.

Keinginan untuk berhenti merokok bisa saja goyah apabila tak diiringi dengan niat dan tekad yang kuat. Jika sudah memiliki niat, maka secara otomatis hati dan pikiran akan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda halnya dengan orang yang tidak memiliki niat dan tekad, untuk berhenti merokok, kadang akan terasa berat dan mudah tergoyah. Optimis jika Anda memang bisa!

2. Bergaul dengan Orang-orang yang Tepat

Jika sebelumnya Anda bergaul dengan para perokok, yang di setiap tempat pasti merokok, baik itu sedang bekerja, sebelum makan siang, sesudah makan siang atau bahkan sesaat sebelum pulang kerja, sebaiknya hindari teman yang seperti itu.

Jika Anda tetap bergaul dengan orang yang seperti itu, maka Anda bisa kembali kecanduan karena merasa tergugah untuk kembali merokok dengan melihatnya secara berulang kali.

Cobalah untuk mencari lingkungan pergaulan yang jauh lebih tepat, yang jauh lebih sehat tanpa harus merokok. Toh, asap dari perokok juga membahayakan bagi diri Anda, bukan hanya rokoknya saja.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari lingkungan pergaulan yang tepa dan kondusif. Cari teman yang tak merokok dan Anda bisa mengambil sisi positifnya dan meniru gaya hidup yang jauh lebih sehat tanpa merokok.

3. Simpan Informasi Tentang Bahaya Merokok

Untuk mengatasi kecanduan rokok, Anda bisa mencari dan menyimpan berbagai macam informasi mengenai bahaya merokok di sekitar Anda atau dengan mencari di internet.

Setelah itu, letakkan atau ditempel pada tempat yang mudah. Bisa dengan meletakkanya atau menempel di :
  • Dinding kamar
  • Dompet
  • Wallpaper HP
  • dan lain sebagainya

Dengan begitu, jika Anda melihatnya secara berulang, maka Anda akan selalu ingat akan bahaya merokok yang sangat fatal.

4. Hindari Kegiatan yang Memicu Ingin Merokok

Banyak hal yang bisa memicu untuk kembali lagi merokok yang perlu dihindari. Beberapa kegiatan tersebut seperti :
  • Meminum kopi
  • Meminum alkohol
  • Berbicara dengan teman yang perokok
  • dan lain sebagainya

Jika dilihat di atas, rokok bisa membuat gigi menjadi kuning apalagi ditambah dengan kopi, bisa memperparah warna gigi menjadi tak lagi putih.

Alangkah baiknya untuk meminum air putih saja, atau bisa menahannya dengan minum jus yang jauh lebih sehat dan lebih menyegarkan ketimbang kopi yang tidak baik bagi kesehatan mulut dan gigi.

5. Ganti Kebiasaan Merokok dengan Camilan

Jika kita di waktu luang tak memiliki kegiatan apapun, pasti kita akan bosan dan malas. Bagi perokok, mereka akan menyisipkan waktu luang tersebut untuk merokok.

Namun, Anda sekarang bisa mengganti kebiasaan merokok tersebut dengan mengonsumsi camilan atau buah-buahan yang jauh lebih sehat.

Banyak camilan yang diperjualbelikan di toko dan banyak juga buah-buahan yang tersedia di pasar, sehingga bisa jauh lebih kenyang dan tentunya menyehatkan.

Jika merokok, hanya asap yang dihasilkan, berbeda dengan camilan bisa membuat kenyang, apalagi buah-buahan, bisa menahan lapar dan bisa menyehatkan tubuh.

6. Ganti Kebiasaan Merokok dengan Permen Karet

Bisa juga selain dengan camilan, ganti dengan mengunyah permen karet karena permen karet mengandung gula yang manis dan enak untuk dirasakan.

Menurut dari pengalaman orang lain, jika mengunyah permen karet, bisa mengalihkan pikiran untuk berhenti merokok karena memang permen karet itu enak dan bisa bertahan lama saat dikunyah.

Akan tetapi, jangan terlalu banyak permen karet juga karena bisa membuat gigi menjadi rusak dengan kandungan gula yang ada di dalam permen karet.

7. Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Makanlah buah-buahan dan sayuran karena dengan memakannya, berdasar penelitian bisa membuat rokok menjadi memuakkan.

Uang yang Anda habiskan untuk membeli rokok, sekarang bisa dipergunakan untuk mengonsumsi buah-buahan yang enak dan manis, seperti jeruk, pisang dan lain sebagainya.

Alangkah lebih baiknya lagi bisa dengan membuatnya menjadi jus segar. Saat memakan buah, rasa asam yang ada di mulut akan hilang dan akhirnya, keinginan untuk merokok juga hilang.

8. Mengonsumsi Oat

Oat sudah dikenal bisa mengurangi terjadinya ketagihan nikotin. Menggabungkan oat ke dalam diet rutin sudah cukup.

Baru-baru ini, berdasar penelitian yang dilakukan di Glasgow, Skotlandia, mengungkap jika para perokok yang diberikan ekstrak dari oat segar lebih cenderung mengalami penurunan dalam merokok.

9. Meminum Susu

Susu dan produk susu lainnya sangat berguna untuk pemulihan perokok. Banyak perokok yang mengungkap jika setelah minum segelas susu, rokok menjadi tak enak dan tidak memuaskan.

Susu bisa membuat rokok menjadi sangat pahit. Cara ini cukup efektif dalam membantu mengurangi ketagihan dan tentunya bisa menyingkirkan kecanduan nikotin.

10. Cari Kesibukan yang Positif

Jika ingin berhasil berhenti dari kecanduan rokok. Bisa dengan memulai di hari pertama dengan cara menyibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas.

Jangan pernah menyendiri, karena itu bisa menimbulkan pikiran dan keinginan untuk merokok. Cari kegiatan yang jauh lebih intens sehingga bisa membuat lupa untuk merokok.

Beberapa kegiatan yang bermanfaat dan positif, seperti :
  • Bersepeda
  • Berolahraga
  • Berenang
  • Jogging
  • Melakukan pengembangan diri
  • dan lain sebagainya

Dengan melakukan kegiatan yang padat dan terencana, bisa melupakan keinginan untuk merokok karena tak ada waktu untuk melakukannya.

11. Konsumsi Air Putih yang Banyak

Biasanya, orang yang merokok selalu menyempatkan waktunya untuk merokok setelah makan. Cobalah untuk menyibukkan diri setelah makan dengan minum susu, jalan-jalan atau dengan kegiatan lain.

Walaupun memang terasa berat, apabila kamu membiasakan diri secara bertahap, nanti Anda tentu akan terbiasa untuk konsisten meninggalkan rokok.

Tidak hanya itu saja, minum air putih yang banyak juga bisa menghilangkan racun rokok yang ada pada tubuh dengan cepat. Selain itu, mengonsumsi air putih juga membantu berhenti merokok karena rasa rokok tak akan nikmat lagi.

12. Minta Bantuan Teman dan Keluarga

Publikasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok kepada teman dan keluarga. Dapatkan dukungan dari mereka untuk bisa berhenti merokok.

Mintalah bantuan mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok atau jika bisa untuk tidak menawarkan rokok kepada diri Anda.

Bisa juga untuk meminta keluarga dan teman agar tidak merokok di dekat Anda. Ini bisa menjadi langkah awal yang tepat dan baik untuk dilakukan.

13. Tetap Berpikir Positif

Jika memang Anda memiliki niat untuk berhenti merokok, maka jangan anggap itu sebagai tantangan atau suatu pengorbanan yang harus dilakukan.

Anggaplah hal tersebut sebagai langkah awal yang bagus untuk meninggalkan hal yang tidak bermanfaat dan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

14. Perbanyak Istirahat

Setelah seharian penuh bekerja dan berusaha untuk menahan kebiasaan merokok, tubuh pasti akan merasa lelah.

Alangkah baiknya untuk menambah waktu istirahat Anda. Selain itu, dengan banyak beristirahat juga Anda tak terbebani lagi untuk merokok.

15. Ganti dengan Rokok Herbal

Anda juga bisa mengganti dengan rokok herbal, yang mana rokok ini mengandung nikotin 0%. Rokok ini terbuat dari bahan-bahan herbal seperti :
  • Mint
  • Kayu manis
  • Serai
  • Clover
  • Licorice

Akan tetapi, penggunaan dari rokok herbal ini juga dilarang digunakan dalam jangka panjang, karena memiliki kandungan karsinogen.

Kesimpulan

Fakta dan Bahaya Tentang Rokok

Jadi, yang terpenting apabila ingin benar-benar berhenti merokok adalah niat dan tekad yang kuat, serta dukungan dari orang-orang di sekitar.

Tidak hanya itu saja, ada pantangan yang harus dilalui yakni berteman dengan orang yang tidak merokok dan jauhi segala bentuk hal yang memicu keinginan untuk kembali merokok.

Bayangkan saja jika uang bisa habis karena rokok, bahkan uang bisa ditabung untuk keperluan lain yang jauh lebih berguna dan mungkin dalam keadaan yang mendesak.

Sudah diberitahukan melalui iklan, baik itu media cetak atau media elektronik jika "merokok membunuhmu", mengapa masih dilakukan? Segera hentikan sekarang juga!
\

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top