Minggu, 28 Januari 2018

Wajib Dicoba! 15 Tips Tidur Nyenyak di Pesawat

Apakah Anda merupakan tipe orang yang mudah tidur di pesawat? Anda sulit untuk tidur di pesawat untuk menemukan posisi yang cocok?

Ada juga sebagian besar penumpang atau orang yang susah tidur di pesawat karena cahaya yang sangat terang, suara yang sangat berisik, suhu udara yang terlampau dingin dan masih banyak lagi alasan yang lain.

Padahal, dengan tidur di pesawat mampu memberikan beragam manfaat sehat dalam mengembalikan energi yang hilang, terutama saat melakukan penerbangan yang panjang dan dalam waktu yang lama.

Selain itu, tidur sejenak juga bisa membantu mencegah terjadinya jet lag. Lantas, bagaimana caranya agar bisa tidur dengan nyenyak saat berada di pesawat? Simak beberapa tips penting berikut ini.

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat

Tidur di Pesawat
Tidur di Pesawat, via piknikdong.com

1. Pilih Tempat Duduk

Dengan memilih tempat duduk juga ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur selama berada di pesawat. Maka dari itu, Anda perlu menentukan apakah akan tidur di sisi kiri atau sisi kanan di tempat tidur Anda.

Selain itu, Anda sendiri juga bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Jika secara umum, tempat duduk yang ada di jendela begitu ideal karena Anda bisa mempunyai ruang yang jauh lebih banyak untuk tidur.

2. Ngemil Sebelum Penerbangan

Untuk mengisi perut tanpa adanya resiko gangguan pencernaan atau terjadi dehidrasi, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman ringan seperti halnya jus, kacang-kacangan, buah-buahan, hingga yoghurt.

Selain itu, Anda juga harus selalu banyak meminum air putih sebelum dan selama perjalanan berlangsung, sehingga cairan di dalam tubuh bisa tetap seimbang. Makan atau minum sebelum penerbangan juga bisa mencegah terjadinya rasa lapar yang datang, yang mana bisa mengganggu waktu tidur.

3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Anda perlu cari tahu akan penyebab mengapa Anda sendiri malah sulit untuk bisa tidur di dalam pesawat. Beberapa orang yang sulit tidur dikarenakan posisis leher kurang nyaman, telinga yang berdenging, suasana dingin atau hal yang lain.

Maka dari itu, Anda bisa mulai untuk mempersiapkan berbagai macam perlengkapan yang mampu mengurangi rasa ketidaknyamanan itu. Misal dengan membawa bantal leher, penutup mata untuk bisa tidur, penyumbat telingga, hingga menggunakan kaos kaki yang hangat.

4. Tunda Konsumsi Kafein

Jika sinar yang ada di luar jendela sangat mengganggu, jangan tambah gangguan dengan cara mengonsumsi kafein sesaat sebelum perjalanan karena bisa membuat Anda terjaga saat perjalanan berlangsung.

Sebaiknya untuk menunda kopi atau soda sebelum dan selama perjalanan berlangsung. Air putih atau jus bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Melepas atau Membuka Sepatu

Agar sirkulasi darah yang terjadi kian tetap lancar, alangkah baiknya untuk membuka sepatu saat tidur di pesawat. Beberapa maskapai memberikan kaos kaki dalam travel kit bagi para penumpangnya.

Akan tetapi, tak ada salahnya untuk bersiap-siap dengan cara membawa kaos kaki sendiri dari rumah. Gunakan juga sepatu yang mudah dilepas seperti halnya slip on, sehingga Anda sendiri tak perlu susah payah untuk membuka dan memakainya lagi.

6. Pastikan Bebas Gangguan

Apabila ingin tertidur dengan pulas selama perjalanan, informasikan kepada pramugari yang memang sedang melakukan tugasnya. Jadi, Anda tak akan diganggu saat jam makan datang.

Namun, pastikan seatbelt Anda tetap terpasang dengan benar di saat sedang tertidur karena demi keamanan.

7. Hindari Paparan Cahaya

Anda mungkin tergoda untuk memainkan smartphone, membuka laptop untuk melihat daftar tugas atau bahkan menonton film yang terdapat di layar kursi Anda. Namun, sebetulnya cahaya yang dihasilkan itu tak baik.

Cahaya dari perangkat elektronik bisa membuat otak menjadi lebih sulit beristirahat dan pada akhirnya Anda bisa tetap terus terjaga selama penerbangan berlangsung.

Alangkah baiknya untuk sejenak mematikan perangkat elektronik dan bergegas tidur apabila ingin merasa segar saat tiba di tempat tujuan nantinya.


8. Pilih Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk melakukan bepergian saat menggunakan pesawat ialah pada pukul 11 malam hingga pada pukul 6 pagi. Masalahnya, pada malam hari, Anda bisa beristirahat dan bisa membuat perjalanan yang jauh menjadi tak terasa.

Tidak hanya itu saja, Anda sendiri harus memastikan jadwal tidur yang benar sebelum bepergian. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan penerbangan pada pukul 11 malam, pastikan di hari yang sebelumnya Anda bangun 2 hingga 3 jam.

9. Duduk di Samping Jendela

Usahakan untuk memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela. Selain bisa cuci mata dengan cara melihat pemandangan, Anda bisa mengistirahatkan tubuh dengan nyaman.

Duduk di dekat jendela juga tak terganggu penumpang lain, karena tentu ada saja penumpang yang bolak-balik ke toilet dan dikhawatirkan bisa mengganggu waktu tidur Anda selama berada di pesawat.

10. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Agar bisa tidur dan beristirahat dengan nyenyak, pastikan kenakan pakaian yang nyaman, karena ini tentu memiliki pengaruh tersendiri saat tidur.

Pakaian yang nyaman di sini ialah baju yang tak menghambat gerak atau aktivitas tubuh Anda. Maskapai penerbangan sendiri biasanya juga sudah menyediakan selimut, untuk itu Anda bisa gunakan sebagai bentuk kenyamanan di dalam pesawat.

11. Bawa Barang Secukupnya Saja

Selain koper besar yang masuk ke dalam bagasi, biasanya Anda juga akan membawa tas jinjing ke dalam kabin. Usahakan untuk membawa barang itu secukupnya saja dan membawa tas yang berukuran kecil, tak perlu besar-besar.

Tak masalah jika Anda memangku tas selama perjalanan berlangsung. Namun, dengan catatan, Anda masih memiliki ruang duduk yang cukup. Apabila tas yang dibawa terlalu besar, alangkah baiknya untuk ditaruh di tempat penyimpanan tas di atas kepala daripada harus repot-repot memangkunya dan mengganggu tidur.

12. Jangan Menyilangkan Kaki

Saat Anda tidur di dalam pesawat, usahakan agar kaki bisa tetap lurus. Apabila Anda menyilangkan kaki, bisa menambah beban di kaki, sehingga bisa menahan atau menghambat laju aliran darah.

Apabila ini berlangsung dalam jangka waktu atau periode yang lama, bisa kemungkinan kaki mengalami kram atau kesemutan saat nantinya berdiri.

13. Mundurkan Kursi

Dalam kondisi yang normal, posisi tubuh Anda saat tidur ialah lurus. Namun, di dalam pesawat, Anda tak bisa dengan mudah dengan posisi tersebut, kecuali Anda terbang dengan menggunakan First Class.

Yang bisa Anda lakukan ialah memundurkan kursi, sehingga tekanan pada punggung tak terlalu besar dan Anda juga bisa tidur dengan jauh lebih nyenyak. Pastikan jika Anda tak memundurkan kursi terlalu jauh ke belakang, sehingga tidak mengganggu penumpang yang ada di belakang.

14. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman yang diikat di atas selimut tak akan membuat tidur Anda menjadi nyenyak dan nyaman. Walau demikian, sebagian orang masih melakukan hal tersebut agar tak terbangun saat terjadi turbulensi.

15. Obat (Jika Perlu)

Jika semua upaya sudah dilakukan dan tak membantu juga, masih ada alternatif terakhir yakni obat tidur. Untuk mengonsumsinya, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengonsultasikan kepada dokter Anda.


Kesimpulan

Tips di atas sangat cocok jika Anda saat bepergian ingin menghabiskan waktu untuk tidur selama di perjalanan, dalam hal ini berada di pesawat.

Alangkah baiknya untuk menyiapkan semuanya dengan baik, tidak perlu banyak-banyak, tak perlu repot-repot, yang terpenting Anda bisa aman dan nyaman selama perjalanan berlangsung.

Yang terpenting, selalu kosongkan pikiran jangan terpikirkan dengan tugas atau apapun itu yang bisa mengganggu tidur Anda. Tetap rileks karena ini bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman.
\

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top