Minggu, 21 Januari 2018

Ternyata Menyehatkan! 10 Manfaat Tidur dengan Guling

Tidur dengan pakai, memakai atau menggunakan guling tentu sangat mengasyikkan. Karena guling yang empuk, kita bisa memeluknya dan itu fakta yang sangat menarik.

Memang kebanyakan orang akan lebih nyaman karena sudah terbiasa tidur dengan menggunakan bantal dan menggunakan guling. Namun, ada juga yang hanya terbiasa dengan bantal tanpa adanya guling.

Padahal, dengan tidur memakai guling tersebut menyimpan berbagai macam manfaat kesehatan yang tak boleh disepelekan begitu saja bagi kesehatan tubuh. Terutama akan sangat baik jika Anda mempunyai sakit punggung atau malah sedang mengandung/hamil.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat atau dampak positif tidur menggunakan guling? Simak ulasan pentingnya di bawah ini.

Manfaat Tidur dengan Menggunakan Guling

Tidur dengan Guling
Tidur dengan Guling, via hipwee.com

1. Mencegah Terjadinya Sakit Punggung

Menekuk lutut dan menyelipkan guling di antara kedua lutut di saat sedang tidur memang bisa membuat tulang belakang Anda tetap dalam keadaan yang lurus.

Tidak hanya itu saja, tidur dengan menggunakan guling juga bisa meringankan suatu tekanan yang terjadi di tulang belakang dan tulang pinggul, yang mana keduanya mampu menopang tubuh Anda.

Alhasil, tidur dengan memeluk guling bisa membantu diri Anda untuk bisa tidur secara lebih nyaman dan lebih nyenyak. Tidak hanya itu saja, tidur dengan memeluk guling juga mampu memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah ke kaki sehingga bisa mencegah terjadinya ketegangan otot, sakit lutut dan kaki yang pegal.

Sebaliknya, apabila Anda tidur tak menggunakan guling, hal ini bisa memungkinkan untuk kaki bagian atas yang memberikan beban terhadap tulang panggul dan tulang punggung bawah secara berlebih. Akibatnya, Anda jadi lebih rentan dalam mengalami sakit punggung saat bangun tidur.

2. Baik dan Bagus untuk Ibu Hamil

Tidur secara menyamping memang menjadi posisi yang cukup ideal untuk wanita yang sedang hamil. Masalahnya, cara ini bisa membuat tidur menjadi jauh lebih nyenyak dan lebih nyaman dengan cara memberikan postur tidur yang tepat dan efektif.

Untuk ibu hamil, tidur menyamping bisa memperlancar sirkulasi darah dan sehingga membuat ibu hamil terhindar dari adanya kram otot di saat sedang tidur.

Untuk menyangga perut dan punggung, Anda sendiri bisa meletakkan guling di antara lutut Anda. Tidur dengan menggunakan guling juga bisa membantu menjaga diri Anda agar tetap bisa berada dalam satu sisi, mencegah juga Anda dari bergulir secara telentang atau bahkan tengkurap di saat tidur.

3. Membantu Mengatasi Ngorok

Menurut dari suatu penelitian yang telah dilakukan, tidur dengan posisi telentang bisa meningkatkan kemungkinan Anda dalam mengorok. Hal ini bisa terjadi karena tidur secara bertumpu di punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak dalam mulut Anda menutupi dinding tenggorokan dan pada akhirnya menyebabkan getaran suara di saat sedang tidur.

Untuk melakukan suatu antisipasi terhadap hal tersebut, maka banyak ahli yang menyarankan untuk tidur dengan posisi yang menyamping.

Agar posisi tidur menyamping bisa tetap terjaga dan tetap bertahan sepanjang malam, coba untuk tidur dengan menggunakan guling. Sebagian orang mengaku apabila cara yang dilakukan ini sangat ampuh untuk mengatasi atau bahkan mengurangi kebiasaan mengorok yang sangat mengganggu di setiap malamnya. [1]

4. Mampu Menyegarkan Pikiran

Selain baik untuk kesehatan, terutama kesehatan otak dan peredaran darah, dengan adanya bantal serta guling juga mempunyai manfaat dalam menyegarkan pikiran.

Pikiran yang terlalu keras saat bekerja nantinya bisa pulih dan segat saat Anda tertidur terlebih dengan menggunakan bantal dan guling sebagai pelengkap kenyamanan.

5. Efek Pengaman saat Tidur pada Posisi Kepala

Kedua benda, bantal dan guling juga bisa memberikan efek pengaman saat Anda sedang tertidur yang mana bisa difungsikan sebagai penahan posisi kepala.

Bahkan, guling juga bisa menahan di saat Anda tidur, sehingga nantinya Anda tak akan jatuh dari kasur. Guling sendiri juga begitu banyak diaplikasikan oleh kebanyakan Ibu sebagai penunjang kenyamanan saat si buah hati sudah tertidur pulas.

6. Menghangatkan Tubuh

Faktanya, bantal dan guling memiliki ragam bahan yang berbeda yang mana bisa menyimpan panas dan cocok untuk digunakan, terutama untuk pengguna yang tinggal di area yang memang memiliki suasana atau hawa dingin seperti di daerah pegunungan.

Isian bantal atau guling yang terbuat dari busa menjadi alternatif terbaik karena mampu menyimpan suhu panas yang sangat besar dalam rangka menghangatkan tubuh Anda saat nantinya terbangun di pagi hari. [2]

7. Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Dengan memeluk guling di saat sedang tidur juga ternyata mampu mendorong postur tubuh menjadi lebih baik. Contohnya dalam menjaga punggung tubuh agar tetap lurus saat berdiri dan bisa tampak jauh lebih tegak.

Tentu dengan pola tidur yang baik dan tidak asal-asalan. Selagi masih muda, segeralah untuk memperbaikinya selagi masih muda!

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Memeluk guling juga bisa meningkatka kualitas tidur dengan cara membentuk posisi tubuh yang sesuai di saat tidur. Posisi tubuh di saat memeluk guling juga bahkan bisa menghilangkan stres yang terjadi di kaki bagian bawah.

Anda yang memang sedang merasa kelelahan bisa menjadikan guling sebagai teman yang paling nyaman di saat tidur.

9. Memulihkan Sakit Punggung

Tidur dengan menggunakan guling di atas pinggul juga bisa memicu dalam memabntu meringankan tekanan yang ada di tulang pinggul. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah punggung.

Jadi, jika Anda memang sedang kebetulan merasa sakit punggung, coba untuk meredakan dengan cara memeluk guling. Sungguh mudah dan sangat sederhana!

10. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menggunakan guling saat tidur juga bisa mengangkat bagian tertentu dari tubuh, conthnya kaki. Hal ini bisa membantu peredaran darah ke jantung sehingga bisa kembali lancar dan jantung tak perlu bekerja keras.

Maka hasilnya, sirkulasi darah yang ada di tubuh juga kian lancar. [3]

10 Manfaat Tidur dengan Guling

Jangan Lupa, Bantal dan Guling Harus Sering Diganti!

Walaupun memang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, guling yang Anda gunakan setiap hari sebaiknya diganti setiap 18 bulan sekali atau bahkan lebih.

Masalahnya, guling yang terlalu lama digunakan menjadi sarang atau tempat berkumpulnya debu, minyak, sisa kulit mati, keringat, atau bahkan air liur. Dengan hal inilah bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti alergi hingga jerawat.

Bantal dan Guling
Bantal dan Guling, via shopmarriott.com

Bahkan, guling yang tak diganti dalam waktu lama juga bisa menjadi sarang tungau!

Sementara itu, Anda bisa mencoba untuk menguji kelayakan bantal dan guling yang Anda gunakan sehari-hari dengan cara melipatnya menjadi 2. Jika bantal atau guling Anda tak lagi kembali ke posisi semula, berarti sudah saatnya diganti dengan yang lebih baru.
\

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top